bersejarah
Ragam

5 Tempat Bersejarah Di Yogyakarta

lifilm-Yogyakarta merupakan tempat wisata yang bersejarah dan masih kental akan tradisinya. Dengan provinsi membuat para wisatan sangat menarik akan yogyakarta mulai dari penduduk lokal hingga mancanegara.

Jejak peninggalan masih banyak yang bisa ditemui di yogyakarta seperti candi dan pemandian keluarga keraton. Dan benda-benda bersejarah selalu terawat dan tersusun rapi di dalam museum.

Berikut ini Tempat Bersejarah di Yogyakarta

1. Candi prambanan

Candi ini dibangun pada 850 Masehi dan dibangun oleh Rakai Pikatan lalu diperluas dan disempurnakan oleh Raja Lokapala dan Raja Sri Maharaja Dyah Balitung Maha Sambu. Candi ini dibangun untuk mempersembahkan Dewa Siwa, Nama dari Bangunan ini adalah Siwagrha / Rumah Siwa.

Ada sungai yang terletak dekat dengan candi prambanan yaitu sungai Opak dengan aliran dari utara ke selatan. Candi ini difungsikan sebagai kerajaan Agung Mataram.

Candi Prambanan ini pernah hampir tidak terawat dan hampir tidak dikenali karena terkenal letusan gunung berapi membuat Candi Prambanan ini runtuh. Tetapi candi ini masih dikenali karena warganya yang masih tinggal disekitar candi.

2. Museum Benteng Vredeburg

Benteng ini dibangun oleh belanda agar bisa memantau dan menjaga dari musuh. Tetapi sebenernya benteng ini dibangun untuk memudahkan perkembangan di dalam benteng. Tetapi benteng ini sekarang difungikan untuk sebuah museum.

Tempat wisata Yogyakarta selalu mencium aroma Sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan barang bersejarah lainnya. Pembangunan Benteng Vredeburg ini masih berbentuk asli dan masih terawat.

3. Museum Ullen Sentalu

Museum ini berawal dari keluarga Haryono merupakan keluarga pembatik di yogyakarta dan keturunan bangsawan. Tetapi kelaurgga haryono mengoleksi peninggalan budaya jawa karena mencintai indonesia terutama jawa.

Konsep desaign museum ullen sentalu terinspirasi dari Yoshio Taniguchi, yang merupakan seorang desaigner MOMA, Untuk menuju Museum Ullen Sentalu ini membutuhkan waktu dari 30-45 menit dari tengah kota.

Di Museum ullen Sentalu ini menyediakan minuman Ramuan Jamu awet muda atau disebut juga dengan Wedang Ratu Mas karena ramuan yang dibuat dipercaya bisa membuat orang awet muda.

4. Museum Keraton Ngayogyakarta

Museum Keraton Ngayogyakarta terletak di sebelah barat yang berisi barang-barang jejak Sultan Hamengkubuwono IX dengan benda keraton lainnya. Karena memiliki adat istiadat yang kental merupakan daya tarik bagi para wisatawan.

5. Taman Sari

Taman Sari dibangun pada tahun 1755 oleh sultan setelah menandatangani perjanjian Giyanti sebelum terjadinya perpecahan antar keluarga. Taman Sari masih berdiri dengan gagah padahal sudah sejak masa pemerintahan Sri Sultan HB 1 di tahun 1758. Walaupun taman Sari sudha beberapa kali di renovasi tetapi tidak menghilangkan tempat bersejarah pada Taman sari.

Keindahan yang terdapat pada taman sari adalah kolam renang yang dibentengi setinggi 6 meter. Zaman Dahulu kolam ini difungsikan untuk pemandian istri-istri Sultan HB X. Ketika anda masuk gerbang Taman Sari akan diperlihatkan foto taman sari pada jaman dahulu.

Baca Juga : KURANGI KONFLIK DENGAN PASANGAN ANDA DALAM HUBUNGAN

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *