Ragam

5 Jenis Burung Berwarna Di Seluruh Dunia

Alam memberikan kita beragam makhluk hidup dari yang kecil hingga terbesar. Salah satunya hewan yang selalu senang diliat oleh orang-orang adalah burung. Burung yang memiliki warna sangat diminati oleh banyak orang karena keindahan bulunya. Ada Banyak spesies burung yang berbeda dari warna, bentuk bulu, paruh, ekor, motif.

Berikut ini jenis burung berwarna

  1. Macaw

Macaw merupakan burung beo yang selalu menunjukan warna yang berbeda-beda di setiap jenisnya. Salah satu jenis yang terindah adalah Macaw, ada beberapa warna yang terdapat dalam 1 tubuh ini seperti merah tua, hijau, kuning, biru. Perlu diketahui bahwa macaw bisa meniru ucapan manusia atau panggilan urung lain. Macaw / Beo  ini tidak hanya indah tetapi juga cerdas.

Macaw ditemukan di hutan hujan di Amerika Selatan dan Tengah. Macaw merupakan hewan yang populer dan diperdagangkan secara ilegal. Sekarang populasi untuk Macaw cepat berkurang dalam waktu singkat.

  1. Burung Merak

Burung Merak merupakan hewan terindah di seluruh dunia terutama pada spesies jantannya paling berwarna di dunia. Burung ini memiliki 2 warna yaitu hijau dan biru dan burung ini memiliki ekor seperti kipas. Spesies jantan ini memamerkan keindahannya untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Merak ini merupakan burung terbesar yang bisa terbang panjang  merak mencapai 1,5 cm dan berat 3,6kg – 5,9 kg. Burung merak merupakan spesies omnivora memakan athropoda, serangga ,amfibi,  bunga, dan biji-bijian.

Baca Juga : 5 Cara Mengelola Uang Supaya Kamu Tidak Boros

  1. Cenderawasi Botak

Cenderawasih Botak berasal dari Pulau Waigeo dan Batanta, Papua Barat. Keunikan dari Cenderawasih Botak ini adalah kepalanya yang telihat botak memiliki corak biru cerah dengan garis-garis bulu halus hitam pada bagian kepala belakangnya dan ekor bulu spiral pada jantan. Sedangkan betina tidak mencolok kepala belangkangnya  memiliki warna ungu muda, bagian atas tubuh berwarna coklat kemerahan, sayap coklat dan ekor tidak berbentuk spiral.

Cenderawasi Botak ini bisa anda temukan di dataran rendah hutan hujan, tetapi Cenderawasi Botak ini juga bisa hidup di dataran tinggi. Ketika musim kawin cenderawasi botak akan memamerkan tubuhnya ke lawan jenis dan berkicau bersama. Tetapi spesies ini terancam punah karena rusaknya habitat akibat deforestasi.

  1. Blue Jay

Blue jay merupakan hewan yang berwarna di dunia dengan corak yang banyak ragam.  Blue jay dikenal sebagai burung yang agresif dan memiliki perpaduan bulu berwarna putih, gradasi biru dan abu-abu muda serta memiliki corak hitam di berbagai bagian tubuhnya dengan jambul di atas kepalanya.

Blue jay berasal dari Amerika Timur dan tengah keunikan di blue jay adalah mampu mengikuti suara spesies yang sama / kawan lainnya makanan favorit Blue jay ini adalah biji pohon ek yang bisa anda temukan tepi hutan dan kebun kakyu.

  1. Dara mahkota Biru

Dara Mahkota Biru ini merupakan hewan indah yang memiliki bulu biru dengan jambul biru keabu-abuan seperti topeng disekeliling matanya. Dara Mahkota Biru ini memiliki nama yaitu Mambruk Selatan dan masuk dalam keluarga antara merpati dan dara. Dengan ukuran seperti kalkun tetapi ukuran tubuh Dara Mahkota biru ini hanya 70 cm.

Dara Mahkota Biru ini merupakan hewan tercantik di Pulau Papua dan bisa anda temukan di hutan beraawa, area yang tergenang air sebagian. Keindahan pada Dara Mahkota Biru ini membuat dirinya diburu oleh manusia dan Sudah menghilang habitatnya atau bisa disebbut spesies yang terancam punah.

Baca Juga : Resep Makanan Membuat Cumi Asin Terenak

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *